Monday, February 29, 2016

Peluang Bisnis Menjadi Game Developer


Game Development adalah sebuah kegiatan untuk merancang dan mengembangkan permainan game. Pengembangan game dapat video dikerjakan oleh suatu pengembang, dapat dilakukan secara perorangan atau sebagai suatu industri besar besar. Pada umumnya game komersil besar-besaran, diciptakan oleh tim pengembangan di dalam suatu perusahaan yang khusus bergerak dalam bidang perancangan game untuk komputer dan Konsol. Pengembangan Video Game secara normal dibiayai oleh suatu penerbit (publisher).

Dalam sebuah industri game profesional, perancangan game dilakukan dalam bagian-bagian yang khusus menangani tipe pekerjaan tertentu, hal ini di harapkan untuk memperoleh rancangan game yang berkualitas (baik) dalam keseluruhanannya.
Sekarang yang menjadi pertanyaan yang terlintas dalam pikiran kita, yaitu “Apakah kita bisa menghasilkan sejumlah uang yang banyak dari sebuah hobi yang sering kita lakukan ?” pertanyaan diatas dapat kita jawab bahwa hal tersebut mungkin saja bisa terjadi bahkan kemungkinannya sangat besar. Karena berawal dari sebuah hobi atau sesuatu yang kita senangi yang setiap saat kita lakukan terkadang akan memunculkan sebuah ide kreatif dan imajinatif yang luar biasa, yang apabila kita salurkan pada suatu hal yang positif kemungkinan kita bisa menambang uang darinya.
Setiap orang pasti memiliki hobi atau senang melakukan suatu kegiatan, misalnya memelihara binatang, berolah raga, menulis artikel, atau bahkan bermain game. Dari hobi bermain game lahir sebuah pertanyaan, apakah bisa berawal dari hobi bermain game kita bisa menghasilkan uang? Jawabannya tentu bisa, hal tersebut kemungkinannya sangat besar dengan kita melihat bagaimana prospek atau peluang bisnis game di tanah air ini.
Sebenarnya bagaimana peluang dan prospek industri bisnis game di tanah air ini. Tergolong dalam bidang industri apa dan bagaimana analisis SWOT dari bisnis game ini. Dalam pengkasifikasinnya industri game termasuk kedalam industri kreatif

Beberapa aspek yang sangat berpengaruh dalam pengembangan sebuah bisnis industri game yang termasuk dalam industri kreatif, yaitu : Sumber Daya Manusia (SDM), Industri, Teknologi, Institusi, dan Finansial (Sumber dana). Jika kita analisis satu persatu dengan anlisis SWOT pada tiap aspek diatas adalah sebagai berikut :

–          Sumber Daya Manusia
Mulai tumbuhnya SDM kreatif dan mulai mendapatkannya apresiasi dari khalayak lain, tetapi masih belum menjadi konsen atau fokus pemikiran dan masih kurangnya tenaga kreatif untuk dijadikan pondasi.

–          Industri
Jalur distribusi fisik dan koneksi virtual baik serta sebagian industri berbentuk jasa dan dalam kualitas infrastruktur masih rendah dan daya tawar distributor lebih besar disbanding produsen.

–          Teknologi
Pertumbuhan sektor teknologi informasi yang semakin pesat, serta lemahnya penguasaan teknologi dalam bidang industri kreatif.

–          Institusi
Dukungan pemerintah dalam bentuk kebijakan dan aturan untuk pengembangan industry kreatif. Adapun kurangnya apresiasi masyarakat terhadap industri kreatif.
–          Finansial / Sumber Dana
Bantuan pemerintah dalam pemberian kredit pada UMKM. Serta belum adanya skema pembiayaan yang sesuai dengan industry kreatif.

Kemudian bagaimana cara kita mengembangakan indusri kreatif khsusunya pada bidang industri game lokal di tanah air ini, diantaranya adalah dengan membangun sentra pendidikan gamedev atau game development. Membangun game dengan konten lokal dengan menciptakan karakter-karakter tokoh dalam negeri. Serta diimbangi dengan giatnya merangkul frencise dari luar.

kesimpulannya
Peluang besar tapi butuh kerja keras atau usaha yang maksimal, bisa belajar dari para gamedeveloper yang telah sukses. Membangun hubungan dunia bisnis itu adalah hal penting dalam mengembangakan dunia industry kreatif.

ref : https://ku2harlis.wordpress.com/peluang-profesi-game-developer/

Bagikan

Jangan lewatkan

Peluang Bisnis Menjadi Game Developer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.