Monday, September 11, 2017

contoh LAPORAN KEWIRAUSAHAAN D3 Managemen Informasi Tugas KWU

“ LAPORAN KEWIRAUSAHAAN
MENGENAI BUSSINES PLAN AJIB DESAIN ”


C:\Users\Junz\Videos\amikom.png


Kelompok :

1. Cahya Bagaskara 15.02.9146
2. Jody Dwi A 15.02.9147
3. Mukmin Littaqwa 15.02.9148
4. Fajar Junio Haridarma 15.02.9151
5. Muhammad Mustajib 15.02.9160
6. Indra Permana 15.02.9161


D3 MANAJEMEN INFORMATIKA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Seiring perkembangan pasar saat ini usaha jasa pembuatan desain masih kurang, banyak yang tidak tahu pembuatan desain tidak hanya membuat desain yang bagus tetapi desain merupakan suatu kesatuan yang tidak akan jauh-jauh dengan desain. Selain itu banyak pemuda yang berkecimpung dalam pembuatan desain yang ada internet ataupun dunia maya agar dapat membantu orang-orang sekitar yang membutuhkan desain yang kreatif, bagus dan inovatif.
Maka dari itu kami ingin mengembangkan usaha pembuatan desain agar lebih dilirik oleh pasar saat ini. Usaha yang ingin kami dirikan ini dapat membantu pemuda-pemuda disekitar agar dapat bekerja dipembuatan desain pada dunia maya maupun dunia nyata. Usaha kami adalah AJIB Desain.

  1. Latar Belakang Pembuatan Proposal Usaha
Proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan untuk mengembangkan semua unsur yang relevan, sehingga orang luas tertarik untuk menjalin kerja sama. Dalam pembuatan proposal ini ada dua aspek alasan yang penting, yaitu :
  1. Aspek Edukasi
a.  Propsosal ini merupakan syarat untuk hasil dari tugas kewirausahaan.
b.  Belajar mengukur kemampuan untuk berwirausaha.
  1. Aspek Bisnis
a.  Membangun sebuah kerja sama tim.
b.  Menciptakan lapangan kerja baru.
c.  Menjual dengan cara yang diinginkan.

  1. Rencana Bidang Usaha
Nama Usaha : AJIB DESAIN
Pemilik : AJIB Grup
Badan Hukum : CV
Bidang Usaha : Penyediaan Jasa
Berawal dari pemikiran dan sebuah konsep ide bahwa dalam kehidupan sehari-hari pasti tidak akan jauh-jauh dengan mengenai hal desain. Disekitar Kabupaten/Kota Magelang, usaha sejenis masih jarang sehingga persaingan usaha masih belum ketat dan usaha mudah berkembang pesat.

  1. Rencana Produk
  1. Desain digital
  • Mockup desain
  • Website prototipe
  • Mobile application.
  • Desktop application.
  • Desain logo
  • 2D dan 3D
  • Desain kaos
  • Desain mug/gelas
  • Desain ilustrasi
  1. Desain printing
  • Banner
  • X-Banner
  • Backdrop
  • Poster
  • Sticker
  • Pamflet
  • Undangan
  • Sertifikat
  • Brosur

Beberapa contoh produk :
 
 
  1. Rencana Pasar Sasaran
Sasaran pemasarannya ditujukan ke seluruh lapisan masyarakat konsumen karena biasanya yang membutuhkah desain itu semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja ,orang dewasa pasti akan membutuhkan jasa desain dalam kebutuhan kesehariannya. Tetapi untuk target utama pasar adalah kalangan mahasiswa karena pada masa perkuliahan pasti akan banyak event-event atau acara yang pastinya membutuhkan berbagai desain seperti banner, poster, kaos, jaket, dan desain desain lainnya.

  1. Badan Hukum
Syarat pendirian CV diatur di pasal 19,20 dan 21 KUHD. Dalam pasal 19 KUHD di sebutkan bahwa persekutuan secara melepas uang/persekutuan komanditer, didirikan oleh satu atau beberapa orang yang bertanggu jawab secara pribadi dan bertanggung renteng untuk keseluruhannya, dengan suatu atau beberapa orang pelepas uang dan Pasal 2 ayat (1) peraturan menteri perdagangan Nomor 37/M-DAG/PER/9/2007 tentang penyelenggaraan pendaftaran perusahaan.



  1. Lokasi Usaha
Usaha yang akan kami jalankan nantinya akan bertempat di Magelang khususnya Jl. Ikhlas, Magersari, Magelang, Jawa Tengah. Alasan memilih tempat ini karena di daerah Kota/Kabupaten Magelang usaha yang sejenis masih jarang dan persaingan usaha tidak terlalu ketat. Tempat ini banyak sekolah-sekolah, universitas, bank , toko elektronik dan banyak papan iklan atau reklame sehingga bisnis ini mempunyai peluang yang besar.

  1. Rencana Visi – Misi Bisnis
Visi dari Usaha Kami ialah :
 “ Menjadi industri kreatif terkemuka di Indonesia pada penyediaan pembuatan jasa desain ”

Misi dari Usaha Kami ialah :
  1. Menciptakan sebuah inovasi dan terobosan baru dalam pembuatan berbagai macam desain.
  2. Menjadikan sebagai perusahaan yang terpercaya dan terdepan dalam meberikan kualitas layanan yang terbaik bagi pelanggan.
  3. Menghadirkan suatu lapangan pekerjaan baru dengan suasana kerja yang produktif dan kreatif.
  4. Memberikan warna baru dalam industri kreatif terlebih pada jasa penyediaan pembuatan desain yang kreatif, inovatif dan profesional dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap jasa pembuatan desain.
  5. Memberikan warna baru dalam industri kreatif terlebih pada jasa penyediaan pembuatan desain yang kreatif, inovatif dan profesional dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap jasa pembuatan desain.

  1. Rencana Nilai-Nilai Moral
Suatu organisasi atau kelompok memiliki nilai moralitas, mengenai apa itu benar dan salah. Maka dari itu kami menerapkan ajaran moral serta kumpulan peraturan dan ketatapan baik lisan maupun tertulis. Nilai-nilai moral yang kami terapkan, antara lain :
  1. Melayani pelanggan dengan sepenuh hati.
  2. Salam, Senyum dan Sapa (3S).
  3. Amanah terhadap kepercayaan pelanggan.
  4. Terbuka terhadap pelanggan

  1. Rencana Nilai-nilai Profesional
Profesional merupakan sifat-sifat yang senantiasa mendorong dirinya untuk mewujudkan kerja-kerja yang baik. Nilai-nilai profesional yang kami terapkan, antara lain :
  1. Menjual produk kreatif dan inofatif (No Plagiat!)
  2. Menerima revisi permintaan pelanggan.
  3. Menyediakan tempat yang nyaman,aman dan bersih.
  4. Tepat waktu dalam pengerjaan.
  5. Menerima kritik dan saran yang diberikan pelanggan.






















BAB II
TINJAUAN UMUM

  1. Rencana Manajemen Pengelolaan
Usaha yang kami kelola bersama kelompok memiliki Struktur organisasi, Struktur organisasi kami antara lain :
  1. Markeeting
Bekerja bagaimana mempromosikan bidang usaha, tempat usaha dan harga yang dipatok.
  1. Keuangan
Bekerja pada pengelolaan keungan perusahaan baik itu biaya pengeluaran perusahaan, biaya gaji karyawan, pendapatan perusahaan, dll.
  1. Operasional
Bekerja pada operasional produksi maupun non-produksi pada perusahaan.
  1. IT
Bekerja mengenai masaalah pada Komputer, Alat cetak maupun jaringan yang dibtuhkan perusahaan.
  1. Team Designer
Bekerja melayani pelanggan dalam konsultasi dan pembuatan desain.
  1. Admin Data
Bekerja mengelola data yang ada pada usaha.
  1. Customer Service
Bekerja dengan melayani pelanggan yang baru datang maupun pergi dan pembayaran.

  1. Rncana Marketing Mix
Rencana marketing mix adalah kegiatan yang dilakukan bersama (gabungan) di antara elemen-elemen yang ada di di dalam markeeting mix itu sendiri. Maka dari itu kami mencoba memenuhi kebutuhan konsumen dn menerapkan elemen-elemen dalam usaha donat kami, diantaranya :
  1. Rencana Product
  1. Produk yang berkualitas dengan mengikuti trend masa kini dan No Plagiat!
  2. Produk yang bervariasi memungkinkan pelanggan banyak pilihan.
  3. Produk yang dibuat dalam bentuk digital dan digital printing
  4. Produk yang dibuat mempunyai jaminan revisi jika pelanggan menghendaki.
  5. Produk dengan order secara online menggunakan jaminan rekber dan paypal
  6. Produk dengan order secara offline menggunakan jaminan form order/kwitansi
  7. Pengemasan produk online akan dikirim menggunakan email,website,marketplace(fiverr,99design, themeforest, dll)
  8. Pengemasan produk offline akan dikirim sesuai jenis produk, dan menggunakan bahan kemasan yang melindungi produk agar tidak cacat.

  1. Rencana Price
Jenis Desain
Nama Produk
Harga
Desain Digital
Website Prototype
Rp. 800.000

Mobile Application
Rp. 1.000.000

Desktop Application
Rp. 1.200.000 - 4.000.000

Logo 2D & 3D
Rp. 200.000 - 4.000.000

Desain Kaos
Rp. 30.000 - 100.000

Mug / Gelas
Rp. 10.000-30.000

Lowpolly
Rp. 60.000 - 200.000

WPAP
Rp. 60.000 - 200.000

Vector / Vexel
Rp. 60.000 - 200.000
Desain Printing
Banner
Rp. 35.000 - 350.000

X-Banner
Rp. 150.000 - 450.000

Backdrop
Rp. 250.000 - 500.000

Poster
Rp. 30.000 - 70.000

Sticker (kromo / vinyl)
Rp. 50.000

Pamflet
Rp. 100.000

Undangan
Rp. 80.000

Sertifikat
Rp. 50.000-100.000

Brosur
Rp. 50.000

  1. Rencana Place
Untuk menemui usaha kami tidak terlalu sulit, karena lokasi kami strategis di dalam kota Magelang. Kecocokan lokasi usaha sangat bagus, karena dikelilingi banyak sekolah,universtas dan instansi-instansi yang membutuhkan jasa usaha kami.

  1. Rencana Promotion
  1. Membagikan brosur yang menarik.
  2. Melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dll.
  3. Membuat pelanggan penasaran terhadap usaha kami yaitu dengan membuat desain yang kreatif dan inovatif.
  4. Saat pembukaan usaha, kami akan memberikan potongan harga yang menggiurkan.

  1. Rencana People
People merupakan suatu aset utama dalam sebuah usaha karena karyawan dengan tingkat kerja tinggi akan menjadikan kepuasan tersendiri bagi konsumen.
  1. Semua pekerja kami dituntut untuk selalu ramah dan sopan dengan pelanggan
  2. Setiap karyawan memiliki ketrampilan professional di jobdesknya masing-masing
  3. Setiap karyawan mampu menganalisa keinginan dari pelanggan sehingga hasil sesuai dengan apa yang dibayangkan pelanggan.
  4. Setiap karyawan mampu meyakinkan pelanggan dan memberikan citra “trusted” terhadap pelanggan.
  5. Setiap pelanggan dituntut untuk mengedepankan pelayanan dan membuat nyaman para pelanggan dalam menggunakan jasa perusahaan.

  1. Rencana Persentation
Persentation merupakan suatu tata kelola tempat dalam lingkup kerja. Lingkup kerja yang kami inginkan adalah lingkup kerja yang tidak mononton dengan tata letak yang kreatif dengan ornament-ornament yang dapat membuat pekerja tidak mudah jenuh. Contoh Persentatio yang kami inginkan :

  1. Rencana Process
  1. Kami berusaha untuk selalu menyelesaikan order tidak sampai deadline, sehingga memberi poin plus pada pelanggan bahwa kami dapat bekerja cepat dan efisien.
  2. Kami berusaha untuk memberikan hasil order dengan kualitas dan sesuai keinginan pelanggan.
  3. Proses order dan pelayanan yang mudah dan efektif.
  4. Dalam proses komunikasi dapat secara langsung di perusahaan, by phone, email, fax, mau pun dari aplikasi marketplace.
  5. Proses pengambilan order yang aman, dan sesuai dengan order pelanggan. Kami memiliki tracking order sehingga tidak akan ada orderan pelanggan yang tertukar.


  1. Rencana Power
  1. Kami berencana mendirikan sebuah perusahaan CV,  yang dilindungi oleh hukum yang sah.
  2. Kami mendapati dukungan tempat yang strategis.
  3. Kami memiliki para designer yang professional.
  4. Kami memiliki peralatan percetakan yang modern sehingga proses percetakan akan lebih efektif dan efisien.

  1. Rencana Manajemen Produksi
  1. Berapa jumlah produksinya ?
Jumlah produk yang dibuat berdasarkan keinginan pemesan, sehinggi jumlah produksi tidak akan sama dalam satu waktunya.
  1. Bagaimana Proses produksinya ?
  1. Mengumpulkan informasi dari klien.
  2. Melakukan pencarian ide maupun gagasan.
  3. Mebuat sketsa sederhana pada kertas .
  4. Membuat desain digital menggunakan komputer.
  5. Melakukan revisi apabila belum sesuai dengan keinginan klien.
  1. Bagaimana pengadaan bahan bakunya ?
Kita bekerja sama dengan perusahaan penyedia bahan baku percetakan
  1. Apa saja alat-alat
Alat-alat yang dibutuhkan dalam produksinya, yaitu :
  • Komputer
  • Drawing ped
  • Printer
  • Kertas
  • Alat gambar

  1. Rencana Manajemen Keungan
Modal Awal
No
Keperluan dan kebutuhan
Biaya
1
Sewa tempat
Rp 30.000.000,-
2
Komputer desain 5 unit dan admin 1 unit
Rp 45.000.000,-
3
Furniture
Rp 20.000.000,-
4
Biaya Perizinan
Rp.  7.000.000,-
5
Biaya listrik dan air
Rp.  1.500.000,-
6
Biaya internet
Rp. 1.000.000,-
Modal kerja yang diperlukan     : Rp.  104.500.000,-
Modal diperoleh dari iuran @anggota(6 orang)   : Rp. 17.500.000,-

BEP(Break Event Point):
Biaya Tetap per Bulan:
Gaji Staff @Rp.1500.000 x 3
Rp. 4.500.000,-
Gaji Designer @1.500.000 x 6
Rp. 9.000.000,-
Gaji Admin Data @800.000 x 1
Rp. 800.000,-
Gaji Customer Service @800.000 x1
Rp. 800.000,-
Biaya Sewa Gedung Rp.30.000.000/12
Rp. 2.500.000,-
Biaya Penyusutan Komputer & peralatan
Rp. 100.000,-
Total:
Rp. 9.600.000,-

Biaya Variable sebulan:
Biaya listrik dan air
Rp.  1.500.000,-
Biaya internet
Rp. 1.000.000,-
Biaya Alat Tulis Kantor
Rp.  300.000,-
Biaya Lain-lain
Rp. 200.000,-
Total:
Rp. 3.000.000

Nama Produk
Harga
Website Prototype
Rp. 800.000
Mobile Application
Rp. 1.000.000
Desktop Application
Rp. 1.200.000
Logo 2D & 3D
Rp. 200.000
Desain Kaos
Rp. 30.000
Mug / Gelas
Rp. 10.000
Lowpolly
Rp. 60.000
WPAP
Rp. 60.000
Vector / Vexel
Rp. 60.000
Banner
Rp. 35.000
X-Banner
Rp. 150.000
Backdrop
Rp. 250.000
Poster
Rp. 30.000
Sticker (kromo / vinyl)
Rp. 50.000
Pamflet
Rp. 100.000
Undangan
Rp. 80.000
Sertifikat
Rp. 50.000
Brosur
Rp. 50.000
Total:
Rp. 4.205.000
Harga Jual dengan asumsi harga terendah




























BEP unit : FC(P-VC)
: 9600000(4205000-3000000)
: 7.96 Unit
: average 8 unit untuk tiap-tiap jenis design dalam 1 bulan
Dengan 18 jenis design, maka total design yg harus dibuat: 18 x 8 = 144 unit design

Rencana Penjualan dalam sebulan dengan harga rata-rata
Nama Produk
Harga
Target Penjualan
Total
Website Prototype
Rp. 800.000
10
Rp.8.000.000
Mobile Application
Rp. 1.000.000
10
Rp.10.000.000
Desktop Application
Rp. 1.200.000
10
Rp.1.200.000
Logo 2D & 3D
Rp. 200.000
10
Rp.200.000
Desain Kaos
Rp. 100.000
10
Rp.1.000.000
Mug / Gelas
Rp. 50.000
10
Rp.50.000
Lowpolly
Rp. 60.000
10
Rp.600.000
WPAP
Rp. 60.000
10
Rp.600.000
Vector / Vexel
Rp. 60.000
10
Rp.600.000
Banner
Rp. 100.000
10
Rp.1.000.000
X-Banner
Rp. 150.000
10
Rp.1.500.000
Backdrop
Rp. 250.000
10
Rp.2.500.000
Poster
Rp. 100.000
10
Rp.1.000.000
Sticker (kromo / vinyl)
Rp. 50.000
10
Rp.500.000
Pamflet
Rp. 100.000
10
Rp.1.000.000
Undangan
Rp. 80.000
10
Rp.800.000
Sertifikat
Rp. 50.000
10
Rp.500.000
Brosur
Rp. 50.000
10
Rp.500.000


Total:
Rp.31.550.000


Keuntungan per bulan : Pendapatan – biaya tetap per bulan – biaya variable per bulan
: 31.550.000 – 9.600.000-3.000.000
: Rp. 18.950.000
Lama balik modal bagi Pendiri CV : Modal Awal/keuntungan per bulan
: 104.500.000 / 18.950.000/bulan
: 5.5 bulan

  1. Rencana Manajemen SDM
  1. Karyawan yang dibutuhkan :
    1. 1 orang sebagai admin, 1 orang sebagai customer service dan 6 orang sebagai desainer dibagi menjadi 3 team, 1 staff IT, 1 staff marketing, 1 staff keuangan.
  2. Kriteria karyawan :
    1. Admin & Customer Service: perpenampilan lues, mudah berkomunkasi, ramah, berpenampilan menarik, umur antara 20-30 tahun, mampu menguasai microsft office.
    2. Desainer : memiliki portofolio, menguasai alikasi desain grafis : corel draw, adobe ilustrator, photosop, painter, berkomitmen, memiliki tanggung jawab, pekrja keras, tekun, ulet, dan bisa beroordinasi dengan baik.
    3. Staff IT: S1 TI
    4. Staff Keuangan : S1 Managemant
    5. Staff Marketing : S1 Management
  3. Cara mendapatkan karyawan sesuai kriteria :
    1. Membuka lowongan pekerjaan
    2. Rekrut rekomendasi kenalan orang dalam
  4. Cara pelatihan dan pembinaan karyawan :
    1. Pelatihan prosedur kerja
  5. Tugas dan pembagian tugas karyawan :
    1. Admin sebagai administrator melayani pelanggan saat pertama masuk melakukan pendataan pendaftaran
  6. Jumlah gaji dan sistem penggajian :
    1. Sesuai gaji UMR dan tunjangan sesuai levelnya




BAB III
PENUTUP

  1. Kesimpulan
Dengan semua perencanaan usaha yang kami buat kedepannya ingin usaha dapat direalisasikan bukan hanya sekedar rencana. Sehingga usaha yang kami lakukan dalam pembuatan laporan ini tidak sia-sia. Kami ingin usaha ini dapat menjadi pembelajaran di masa depan mengenai bagaimana cara membangun suatu usaha

Bagikan

Jangan lewatkan

contoh LAPORAN KEWIRAUSAHAAN D3 Managemen Informasi Tugas KWU
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.